Taman Patung Semar

Taman Indah Berlatar Belakang Gunung Lawu

Jalan Raya Lawu, Dusun Nigasan, Desa Salam, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57791

Salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi di daerah Karangpandan, yakni Taman Semar. Taman ini berjarak 18 kilometer dari kantor kabupaten Karanganyar. Memiliki latar belakang gagahnya Gunung Lawu, serta dikelilingi sawah yang hijau, membuat suasana di taman ini sangat nyaman dan sejuk.

oleh Kamis, 7 November 2019Spot Menarik0 Komentar

Taman Patung Semar dari udara dengan latar belakang Gunung Lawu (Foto by Jejaka)

Tiket Masuk Taman Semar

Tiket Masuk: Gratis/Free

Jam Buka Taman Semar

Senin – Minggu: Selalu Buka

Tiket Parkir Kendaraan

Tiket Parkir: Gratis / Free

Sobat Jejaka pastinya tertarik berkunjung ke taman ini. Tempatnya sangat mudah dicari karena berada di tepi jalan raya menuju Tawangmangu. Lokasinya pun sangat eyecatching dan sangat instagramable sebagai lokasi spot foto.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari taman ini adalah patung Semar itu sendiri. Tokoh pewayangan yang dibuat setinggi 10 meter ini, yang digambarkan sedang duduk bersila dengan gagah di atas batu serta tangan kanannya menunjuk ke suatu tempat. Tapi hingga saat ini masih menjadi misteri, tempat apa yang sedang ditunjuk Patung Semar ini.

Lebih akrab dan hangat saat menikmati suasana bersama keluarga tercinta Instagram @dhawisa07

Kabut tipis masih menyelimuti saat Jejaka menapakkan kaki di Taman Semar ini. Cuitan burung menjadi melodi yang merdu serta memecah kesunyian di pagi itu. Terlihat juga burung-burung kecil terbang berpindah di antara dedaunan dengan bebasnya. Sang mentari pun masih malu dan baru mengintip di balik anggunnya Gunung Lawu.

Pintu gerbangnya baru terbuka sedikit dan tak ada penjaga tiket. Jejaka kemudian memarkir kendaraan di samping patung kodok, patung selamat datang yang berada di depan gapura. Memang taman ini masih dalam tahap renovasi. Hal ini terlihat dari jalur masuknya yang masih setengah jadi, bahkan terlihat beberapa alat berat yang digunakan untuk proses pembangunan.

Spot foto yang instagramable di Taman Patung Semar Instagram @sbncrnns

Tidak berselang lama seorang laki-laki paroh baya mendatangi Jejaka. Namanya pak Wagiyo, yang bertugas sebagai penjaga keamanan di Taman Semar ini. Dia mengatakan, taman ini memang masih dalam tahap renovasi dan baru jadi sekitar 30 persen. Rencananya akan ada beberapa penambahan fasilitas di lokasi Taman Semar ini.

Bagian depan terdapat pendapa yang sudah selesai direnovasi. Ada beberapa pilar bercat hijau dan satu set kursi kayu yang tampak selaras dan pas dengan dekorasinya. Terdapat pula taman bunga berwarna-warni yang berbaur dengan rumput hijau nan segar.

Spot kece di Taman Patung Semar Karangpandan Instagram @illyanaisyak

Beberapa meter dari Pendapa, terlihat patung Semar berdiri gagah dan sekaligus menjadi ikon taman ini. Patung Semar ini sudah ada sejak taman ini dibuat pertama kali, sekitar 1982. Namun pasca renovasi, ada sedikit pembaruan dan penambahan detail karakter dibeberapa bagian. Yang paling terlihat di bagian wajah Semar.

Patung ini dikelilingi dengan berbagai tanaman hias dan kolam ikan. Selain nyaman menikmati suasananya, taman ini juga sangat pas jika digunakan sebagai jogging track. “Jogging tracknya memang disediakan untuk pengunjung yang ingin berolahraga. Tapi belum jadi semuanya,” ucap Rohmat, yang bertugas sebagai pengawas renovasi taman ini.

Fasilitas yang tersedia pada Taman Semar ini baru sebatas toilet. Namun ke depannya taman ini akan memiliki berbagai fasilitas yang komplet, terdiri dari resto, hotel, arena outbond, dan waterboom. Di lahan seluas 4,3 hektare ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan berbagai wahana pendukung rekreasi yang menyenangkan. Hmmmm, semakin tidak sabar saja menunggu taman ini jadi sepenuhnya.

Rute Menuju Lokasi Taman Patung Semar

Dari Flyover Palur – Jalan Raya Solo Tawangmangu – Alun-Alun Karanganyar – Taman Pancasila – belok kiri ambil Jalan Lawu –  Pasar Karangpandan – 2 KM dari Pasar Karangpandan tiba di lokasi yang berada di sisi kiri jalan raya.

SPOT MENARIK

Pin It on Pinterest

Share This